Peduli Kucing

Rabu, 05 Mei 2010

Persiapan Awal Memelihara Kucing dan Perawatan Dasar Memeliharanya

Apakah anda sudah SIAP memelihara kucing, SIAP bertanggung jawab ???
dengan bersedia berkomitmen memelihara dan merawat kucing "sampai akhir hayat" mereka,
karena usia kucing cukuplah lama jika terawat dengan baik usia mereka bisa mencapai 20 tahun
minimal usia kucing 10 tahun.

Yuk….mari kita belajar menjadi…PEMILIK KUCING YANG BERTANGGUNG JAWAB.

Pada saat ingin memelihara seekor kucing pastikan seluruh anggota keluarga menyetujui dan menerimanya menjadi BAGIAN dari keluarga, bukan hanya sekedar binatang perliharaan.
kebayangkan gimana susahnya jika...salah satu saja anggota keluarga tidak bisa menerima
akhirnya jadi masalah...deh...

PERSIAPAN AWAL MEMELIHARA KUCING :

1. Pastikan seluruh anggota keluarga menerima kucing tersebut, dan semua berkomitmen untuk bertanggung jawab untuk memeliharanya. Termasuk di dalamnya kesiapan secara financial karena tidak ada kucing yang gratis, semua memerlukan biaya perawatan.

Dan JANGAN BERIKAN KUCING SEBAGAI HADIAH untuk ANAK2 DI BAWAH UMUR...
(kecuali ADA PENGAWASAN Intensif dari orang dewasa yang bisa bertanggung jawab)

2. Sediakan tempat tidur (tempat tinggal yang nyaman) agar kucing tidak kepanasan dan kedinginan.

3. Makanan dan Minuman (sebaiknya berikan makanan khusus kucing karena gizi yang tercakup di dalamnya sudah seimbang untuk kebutuhan nutrisi kucing)

4. Perlengkapan seperti wadah untuk makanan dan minuman, kandang, tempat BAB atau Litter Box berikut pasir, serta carrier (kandang jinjing) untuk membawa mereka ke dokter hewan jika sakit, dan jangan lupa menyediakan alat bermain karena kucing sangat senang diajak bermain, sarana bermain adalah bentuk perhatian pemilik kepada kucing, sekaligus membahagiakan kedua belah pihak, si pemilik dan kucingnya.

5. Cari informasi Dokter Hewan dan Klinik terdekat dari rumah untuk persiapan jika suatu saat kucing tersebut sakit.

6. Informasi lokasi Pet Shop sebagai persiapan untuk pembelian perlengkapan pemeliharaan kucing.

PERAWATAN DASAR MEMELIHARA KUCING :

1. Tempat tinggal yang layak, TIDAK BOLEH mengurung kucing peliharaan anda dalam kandang secara terus menerus, karena mereka juga butuh sosialisasi, dan biarpun kucing dipiara secara outdoor sediakan tempat berlindung dari panas dan dinginnya cuaca, lebih disarankan untuk memelihara kucing secara INDOOR, karena secara otomatis kucing akan lebih sehat dan tidak mudah tertular penyakit dari kucing-kucing lain, biasanya dari kucing liar.

2. Makanan dan Minuman yang layak, biasakan dengan makanan khusus untuk kucing, sekaligus dapat melatih mereka untuk tidak mengganggu pada saat kita atau anggota keluarga lain bahkan tamu ketika sedang makan, jangan biarkan kucing anda kelaparan sampai harus mencari-cari makanan di tempat sampah.

3. Kasih Sayang dan perhatian, berkata-kata lembut dan usapan yang menunjukan bahkan kita sayang kepada mereka, ajaklah bermain, selain menghibur pemilik, kucing juga ikut bahagia.

4. Kesehatan dan Kebersihan, perhatikan kondisi kucing terutama bulu dan kulit jangan sampai diserang kutu dan jamur, karena merupakan penyakit utama kucing, jika kurangnya kebersihan....
lokasi tempat tidur mereka dan tempat mereka buang kotoran harus diperhatikan karena bisa mempengaruhi kesehatan pemilik kucing juga.
Bawalah segera kucing ke Dokter Hewan jika kucing anda sakit. Mandikan secara rutin, potong kukunya, untuk kucing berbulu pendek untuk jadwal mandi lebih jarang, sedangkan kucing berbulu panjang ada perawatan khusus bulu seperti sisir khusus dan mandi paling tidak 2 minggu sekali.
kemudian siapkan obat-obatan standar obat cacing, obat kutu dan jamur dan vitamin tamban
untuk kucing.

Rawat bulu kucing sesuai dengan jenis rasnya....jika memang ras yang berbulu panjang...cari tahulah cara perawatan terbaik untuk jenis yang berbulu panjang.

5. Vaksinasi, vaksinasi rutin berkala dapat meningkatkan daya tahan tubuh kucing, jadi kucing tidak mudah terserang penyakit berbahaya.
karena biaya pengobatannya jauh lebih mahal dari biaya vaksinasi itu sendiri.
Hubungi Dokter Hewan anda untuk proses dan jadwal vaksinasi.

6. Sterilisasi Kucing anda pada Dokter Hewan jika sudah cukup umur, selain membuat kucing anda lebih sehat, anda sekaligus sudah membantu pengontrolan populasi kucing liar tidak berarah.

Karena ASAL MUASAL KUCING LIAR adalah
KUCING RUMAHAN yang dipiara secara ceroboh kemudian dibuang oleh pemilik yang tidak bertanggung jawab, yang biasanya dibuang dalam keadaan hamil, atau bahkan masih berupa kucing-kucing kecil, dengan sterilisasi kita bisa membantu mengatur populasi kucing-kucing liar yang sudah tidak terkontrol.

Tanyakan proses sterilisasi secara details kepada Dokter Hewan anda, dari proses sterilsasi hingga perawatan pasca operasi, tapi sekarang tekhnologi kedokteran hewan sudah berkembang pesat sehingga tindakan sterilisasi menjadi aman dan sekaligus penyembuhannya lebih baik dan cepat.

(artikel ini berdasarkan pengalaman pribadi dan berbagai sumber)
Q - Peduli Kucing 11 April 2010

Peduli Kucing © 2010

4 komentar:

  1. Saya bukan pecinta kucing dalam artian yg tergila2 lalu memeliharanya.Saya suka melihat nya.Saya suka artikel ini.
    Peduli kucing bukan berarti kita harus memeliharanya.hehehe,karena saku belum cukup jg c :) tp lebih bagaimana memepersiapkan diri,agar merawat kucing itu atau hewan2 lainnya dapat tepat bertujuan menjaga dan membahagiakannya.Tidak merepotkan orang lain tentuny

    BalasHapus
  2. saya sangat tertarik untuk memelihara kucing, melihat berbagai artikel dan pembahasan mengenai kucing saya menjadi semakin tertarik, namun sayang untuk saat ini saya belum berani untuk memelihara, karena biayanya. mungkin setelah bekerja nanti saya akan menabung untuk memelihara kucing dan merawatnya dengan baik :D

    BalasHapus
  3. untuk mensterilisasikan pd kucing,apa dapat menghindari virus toksoplasma??

    BalasHapus
  4. wah, infonya keren nih....kebetulan baru adop kucing persia 3 bulan :D

    BalasHapus