Peduli Kucing

Kamis, 19 September 2013

Ulasan Singkat tentang Toxoplasmosis

Kucing sering dituduh sebagai kambing hitam penyebab toxoplasmosis, 
yuk disimak ulasan singkat tentang toxoplasmosisi di bawah ini : 

Toksoplasmosis disebabkan oleh PARASIT protozoa Toxoplasma gondii yang berasal dari dalam tanah.

bukan "virus atau bakteri dan lainnya" sebagaimana banyak orang awam mendapatkan informasi yang keliru.

Kenapa Kucing disalahkan ?
Karena kucing merupakan satu-satunya host definitif toxoplasma, yang berarti bahwa hanya kucing yang dapat menghasilkan ookista di kotorannya (feses) yang dapat menginfeksi.

Tapi perlu digarisbawahi bahwa "bukan" hanya kucing menularkan toxoplasma, karena dengan memakan daging kambing, sapi, babi dan lain-lainnya yang terinfeksi dan dimasak tidak matang sempurna juga dapat menulari manusia, termasuk orang-orang yang sering berkebun, memakan sayur-sayuran mentah / lalapan yang tidak dijaga kebersihannya, yang bahkan kemungkinan tertularnya jauh lebih besar daripada dari kotoran kucing.

Bahkan rata-rata orang yang  melakukan  test darah sudah pernah terkena   toxoplasma ( igG + ),  tidak pernah memelihara kucing bahkan membenci kucing.

Jadi anggapan toxoplasma dari kucing hanya sekedar bentuk "meng-kambing hitam-kan" saja, karena toxoplasma bisa menular dari mana saja di lingkungan bukan hanya dari kucing

Toxoplasma pada manusia tidak menimbulkan gejala yang sangat menonjol, itu sebabnya banyak yang tidak menyadari kalau tubuhnya terinfeksi, kemudian secara alamiah tubuh manusia akan otomatis bisa melawannya dengan sistem daya tahan tubuh yang baik atau imunitas dan bisa tidak tertular bahkan sembuh dengan sendirinya jika memang daya tahan tubuh atau imunitas orang tersebut bagus.

Toxoplasma tidak menyebabkan kemandulan, jadi anggapan bermain dengan kucing tidak bisa punya anak itu salah besar,  Toxoplasma memang bisa menyebabkan keguguran tapi pada usia kehamilan muda atau 1 - 3 bulan sebelum hamil sudah terkena, jika terkena "lama" sebelumnya malah secara alamiah ibu hamil tersebut sudah mempunyai kekebalan yang lebih baik.

Beberapa pencegahan agar kita tidak terkena / terjangkit toxoplasmosis :
  1. Makanlah makanan yang sempurna kematangannya, hindari daging bakaran yang biasanya menghasilkan makanan yang kurang matang, seperti jenis sate, steak dan lain-lain.
  2. Meminum susu yang sudah dipasteurisasi.
  3. Memakan buah-buahan dan sayur-sayuran mentah yang sudah benar-benar dicuci bersih.
  4. Mencuci tangan dengan air hangat dan sabun setelah mengolah daging mentah, menjaga kebersihan peralatan masak seperti pisau, talenan yang biasa digunakan dalam mengolah daging mentah.
  5. Menggunakan sarung tangan untuk berkebun
  6. Mencuci tangan sebelum makan
  7. Berikan pakan yang bersih untuk kucing anda, sebisa mungkin berikan pakan matang, hindari kucing untuk berburu tikus, bersihkan litter box / tempat kotoran kucing setiap hari
  8. Pada ibu hamil, serahkan tugas membersihkan litter box kucing kepada anggota keluarga lainnya, boleh memegang, mengelus dan bermain sama kucing
intinya jaga kebersihan lingkungan, kucing dan diri kita sendiri.....
jika lingkungan sehat
kucing peliharaan kita sehat
otomatis kita sebagai pemiliknya juga akan sehat

Salam Hangat
drh. Nalia Putriyanda





2 komentar:

  1. saya bingung, saya butuh seorang penyayang kucing untuk memelihara kucing saya. rumah saya terlalu kecil untuk menampung 7ekor kucing (4 diantaranya masih 2bulan). saya mau melepas salah satu kucing saya yang menurut saya dan keluarga saya, paling susah diatur (mungkin karna keturunan kucing kampung). Keluarga saya sepakat mau membuang kucing saya itu, tapi saya sangat tidak tega untuk membuangnya. Lokasi saya di Bintaro, kalau ada yang bersedia menerima kucing saya, atau mau tanya-tanya, bisa hubungi e-mail saya : thandi4958@yahoo.com atau facebook saya Thalita Diamanta. terima kasih :-)

    BalasHapus
  2. https://www.facebook.com/groups/166900600037767/ coba share disni

    BalasHapus