Peduli Kucing

Senin, 14 Juni 2010

Budaya membuang kucing

Sudah tidak terhitung jumlah kucing yang dibuang oleh pemiliknya dengan berbagai alasan. Bagi kita yang akrab dengan dunia cat rescue, pasti sudah tidak asing lagi dengan berbagai kasus pembuangan kucing dengan berbagai alasan (baik yang masuk akal maupun tidak).


Saya jadi ingin memberikan saran, jika anda memiliki tempat penampungan kucing, jika anda seorang pecinta kucing, peliharalah kucing-kucing anda sebisa mungkin secara diam-diam. Jangan sampai orang di sekitar tahu. Kenapa? Karena tempat semacam ini adalah sasaran empuk sebagai tempat pembuangan kucing.


Saya tahu, setiap orang pasti punya keterbatasan sendiri dan punya masalahnya sendiri sehingga mereka mungkin terpaksa atau malah dengan senang hati membuang kucingnya. Setiap orang pasti punya keterbatasan, tapi apakah orang-orang itu tidak berpikir, bahwa orang yang diberi limpahan juga memiliki keterbatasan?

Selamanya, jika budaya membuang kucing masih mengakar di masyarakat, saya tidak akan mampu memiliki shelter, bahkan saya sangat takut untuk mengaku pecinta kucing sekalipun. Seribu shelter tidak akan cukup jika budaya masyarakat masih seperti ini.

Apa alasan orang membuang kucing?

1. kucing sakit atau lahir cacat atau tiba-tiba kecelakaan sehingga cacat seumur hidupnya. Ini adalah pengalaman pribadi saya.
Seekor anak kucing cacat dibuang di depan rumah saya disertai pesan melalui sms. Saya yakin, yang menerima paket kucing sakit atau cacat bukan hanya saya seorang. Semua yang sudah dikenal sebagai cat lover, atau cat rescuer, pasti pernah menerimanya. Entah buangan kucing sakit kah, bayi merah kah, atau kucing sehat baik-baik saja.

2. sudah terlalu banyak kucing di rumah.
Seringkali orang hanya mau memelihara satu atau dua ekor, namun tidak membatasi populasi, sehingga akhirnya beranak pinak. Memang awalnya sayang, tapi saat sudah terlalu banyak, dibuang juga. Apakah yang seperti ini masih bisa mengaku sayang? Saya sudah terlalu banyak bertemu orang yang membuang kucingnya karena di rumahnya sudah over populasi akibat pemiliknya tidak mampu membatasi jumlah populasi kucingnya sendiri. Herannya, orang-orang semacam ini akan bersikeras tidak mau menyeteril kucingnya dengan berbagai alasan.

3. malas memelihara atau tidak mampu memelihara.
Berapa banyak kucing mahal yang dibuang karena pemiliknya tidak mampu memelihara? BANYAK! Kalau ada orang yang masih menginginkan kucing berbulu panjang dan menganggapnya sebagai barang berharga yang bisa menaikkan prestise, hubungi saya, dan saya akan berikan daftar lokasi stray cat bulu panjang. Silakan adopsi sebanyak-banyaknya. Harga kucing bulu panjang tidaklah mahal lagi sekarang, namun perawatannya (menurut pengalaman dan pendapat saya pribadi), berpuluh kali lipat mahalnya dan sulitnya. Tak heran kalau ada orang yang akhirnya membuang kucing bulu panjang mereka. Saya sendiri sering sekali menemukan kucing bulu panjang yang sudah dibuang dan dalam keadaan mengenaskan, atau yang baru akan dibuang. Anda piker pembuang kucing akan berpikir dua kali jika kucingnya berbulu panjang? Pengalaman saya mengatakan TIDAK.

Hanya ada 2 solusi yang mampu terpikir oleh saya:

1. STERILISASI
Tidak mungkin anda (sebagai pecinta kucing) tidak tahu mengenai over populasi kucing di Indonesia. Anda pasti merasa jumlah kucing di jalanan amat sangat banyak sekali. Mensteril atau tidak kucing anda, pilihan ada pada diri anda masing-masing. Namun pembatasan populasi adalah mutlak tanggung jawab anda. Silakan persilahkan kucing anda untuk kawin, beranak sebanyak-banyaknya, dan PELIHARA SEMUA ANAK MEREKA SECARA LAYAK, SEUMUR HIDUP.

Jika anda merasa kemampuan memelihara anda terbatas, dan tidak mau mensteril kucing anda, sekali lagi pilihan ada pada diri anda masing-masing. Mungkin anda punya solusi lain yang lebih baik? Agar tidak ada lagi kucing yang dibuang, tidak ada lagi kucing jalanan yang beranak pinak sehingga populasinya sangat banyak dan dianggap sebagai hama. Kucing saat ini sudah dianggap sebagai hama, sehingga layak untuk dimusnahkan. Saat hal ini terjadi, saya heran kalau masih ada yang kontra pada steril


2. ADOPSI
Jika anda benar-benar tidak mampu lagi memelihara kucing anda, adopsikanlah pada orang yang lebih mampu daripada anda. Satu hal yang perlu diingat, proses adopsi tidaklah mudah. Ini adalah hal yang cukup sulit baik bagi calon adopter ataupun pemberi kucing. Kemampuan dan kesamaan pemikiran serta perasaan sangat diperlukan, untuk memastika kucing akan lebih bahagia di tempat barunya, dan bukan lebih menderita. Saya sendiri bingung jika ada orang yang ingin kucingnya diadopsikan segera, dan berharap kucingnya sudah bisa ada di tempat baru hanya dalam hitungan jam. Saya tekankan sekali lagi, mencari adopter adalah tugas yang sangat sulit dan membutuhkan waktu. Sangat sulit bukan berarti tidak mungkin, karena saya beberapa kali berhasil menemukan calon adopter yang sesuai.

MEMBUANG KUCING BUKAN SOLUSI. STERILISASI DAN ADOPSI BISA MENJADI SOLUSI. Atau anda memiliki saran solusi lain yang lebih baik?

Seribu shelter tidak akan cukup, karena ada sejuta orang yang masih memiliki budaya membuang kucing.

D - Peduli Kucing 14 Juni 2010
Peduli Kucing © 2010

17 komentar:

  1. NEVER ABANDON YOUR PETS !!!!
    BE A RESPONSIBLE CAT OWNER !!!

    BalasHapus
  2. Pino Poni yang aq sebar di FB peduli kucing lum ada yang mau adopsi... apakah boleh saya titipkan di Blog ini info adopsi nya?? kasihan...mereka udah gak pernah dirawat sama Bapak Kost aq... aq juga gak bisa merawat mereka semaksimal mungkin, soalnya bapak kost aq agak rewel sama kucing2 nya ini, entah emang gak mampu atau gak mau jorok dengan keberadaan kucingnya...

    BalasHapus
  3. Grup penyayang binatang di surabaya di mana yaaa?
    Ada yang mau adobsi kucing saya nggak....?

    BalasHapus
  4. Menurut saya sebagai seorang muslim, kucing sebanyak apapun yg datang ke rumay saya sudah merupakan takdir. Jadi Tuhan membuat skenario seperti itu sebab Dia yakin kita org yg tepat utk mengurus mereka. Selama ini kucing saya lebih dr 5 tp kami tdk pernah mengalami krisis ekonomi gara2 kucing. Saya rasa Tuhan mencukupkan rezeki mereka ke dlm rezeki saya. Lagipula, kucing adalah tolak ukur keikhlasan manusia. Org2 rela membersihkan kandang ayam dan kotoran2 ayam karena mereka tahu bahwa ayam bisa dimanfaatkan (dimakan daging n telurnya). Namun, bagaimana dgn kucing? Hanya org2 yg ikhlas yg rela membersihkan kotoran2 kucing dan tetap mengurus mereka setiap hari, sebab kucing tdk bisa dimakan dagingnya ataupun bertelur, hanya keikhlasan yg nampak. Pengecutlah mereka yg suka membuang kucing, kepada binatang saja pelit apalagi kepada manusia? Saya selalu berdoa agar dipertemukan dgn kucing2 saya yg mati ataupun yg hilang di "Afterlife" nanti...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya setuju banget.sedih sekali ketika kucing tersayang mati

      Hapus
  5. Sy punya kucing awal nya 2, jantan betina, sy pelihara sejak kecil di rumah sampai akhir nya sekarang jd 10, klrga dirumah gerah krn kberadaan kucing yg byk apalagi di musim hujan spt ini mrka pd buang kotoran sembarangan. Sy sangat menyukai & memanjakan semua kucing sy, stiap hari dberi minum susu & makanan kering khusus kucing. Pd akhir ny smalam 7 kucing sy hrs dbuang ke pasar oleh klrga sy (trdiri 4 anak kucing brumur 1 blnan, induk nya, + 2 kucing betina yg masih hamil). Rasanya hati sy sakite karena gak sanggup mbayangkn bagaimana mrka hidup dluar, sy tangisi mrk smpai detik ini, mata sy jd bengkak krn mratapi kucing" sy yg dbuang. Apakah mrka bs brtahan hidup dluar sana ya... Sy kangen bgt pengen ktemu lg dg kucing" sy...

    BalasHapus
  6. hi pecinta hewan khususnya mpus2 lucu
    ak pny kucing yang awalnya kucing jalanan..mreka msh bayi wkt lewat rumah krn kurus kasihan sekali kl ga di ksh makan...lalu lama2 mereka sering ke rumah minta makan,sampe ga klhtn kurua lagi..ternyata menetap di rmh..awalnya 2 bayi kecil mpus jantan betina..yg jantan di buang tnpa sepengetahuan ku..sedih rasanya wlpn ak cm ksh makan saja..inget lucunya kl mereka lg main ber2...dibuang krn org tua tdk suka sm bntg...skrg yg di rmh tggl 1 yg betina..ini lg bunting mau dibuang sm ortu juga..sedih bgt rasanya

    BalasHapus
  7. Info alamat penampungan anakan kucing

    BalasHapus
  8. Info alamat penampungan anakan kucing

    BalasHapus
  9. Info alamat penampungan anakan kucing d surabaya,tq

    BalasHapus
  10. Info alamat penampungan anakan kucing d surabaya,tq

    BalasHapus
  11. Sy suka kucing .. Kasian sekali liat kucing dibuang di pasar .. bahkan banyak yg masih bayi .. Pingin mereka sy tampung dengan membuat shelter kucing ..... Apa yg harus sy buat ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai…
      Ada yang mau adopsi kucing kakak saya? di rumah ada 4 ekor dewasa (1 anggora, 3 turunan anggora) dan 3 ekor anak anggora yang lucu-lucu. Kakak wanita saya disuruh buang kucingnya krn susah hamil, disuruh orang tua buangnya. Mau dibuang ga tega, kasihan. Klo ada yang bersedia hubungi kakak Saya di nomor ini : 085730303284, lokasi di Sidoarjo, tepatnya di Ds. Lambangan, Kec. Wonoayu, Kab. Sidoarjo.
      Terima kasih.

      Hapus
  12. saya pecinta kucing, dan saya masih sangat sayang dengan kucing2 saya. tetapi ibu saya akhir2 ini berubah dan ingin kucing2 saya segera dibuang. ibu saya bernecana akan membuangnya ke pasar. tapi saya tidak tega. kucing saya berjumlah 7. 5 jantan dan 2 betina. mereka satu keturunan, kucing lokal/kampung semua. apakah ada yg bersedia menampung kucing2 saya? saya tinggal disidoarjo.balas pesan ini segera ya, terimakasih

    BalasHapus
  13. Saya pecinta kucing dan sebenarnya saya masih sayang dengan kucing2 saya tetapi ibu saya tidak suka kucing yg hamil karena tidak terlalu suka banyak kucing, dan saya disuruh buang di pasar tapi saya gk tega karena kucing saya ini dia masih bener2 polos belum begitu tau tentang dunia luar dari kecil umur seminggu dia udah ditinggal ibunya gara2 setelah melahirkan bapak kucing saya ini meninggal terus sepertinya ibunya si kucing ini stress atau gmna tiba2 hilang begitu aja jadi saya yang merawat dia dari kecil dan sekarang dia hamil ... Mungkin ada yg mau merawat bisa hubungi saya 082234858449

    BalasHapus
  14. Benar juga sama kcg sj pelit...apalagi yg menyiksa hingga cacat bhkn meninggl...mereka akn mendptkn balasan...thanx sobat..untuk smua penyayang kcg....

    BalasHapus
  15. Maaf apakah ada yang mau mengadopsi kucing di rumah saya?
    Sebenarnya kucing ini bukan kucing saya, tapi kucing liar. tapi kucing ini tidak mau pergi dari rumah saya, Dan saya dan keluarga tidak bisa merawatnya dan juga karena biaya...
    kucing ini sepertinya dalam kondisi sakit dan tubuhnya luka2. Kucingnya berkelamin perempuaan dan pernah melahirkan dua kali tetapi mati semua satu per satu...
    Mohon bantuannya dan terima kasih... ��

    BalasHapus