Peduli Kucing

Rabu, 26 Januari 2011

TIPS memandikan kucing


uhm...sebenarnya kucing hewan yang bersih, rajin meng-grooming / menjilat-jilat tubuhnya sendiri, akan tetapi sebagai pemilik kucing kita perlu memandikan kucing kita agar bersih, tidak mudah terserang penyakit kulit, terutama untuk kucing yang berbulu panjang minimal 2 minggu sekali harus dimandikan, agar tetap bersih dan terawat.

Pada dasarnya kucing hewan yang takut air dan tidak suka dimandikan, sebaiknya latihlah kucing untuk dibiasakan mandi.

Mandikan kucing pada cuaca yang baik bukan musim hujan, kalaupun terpaksa harus hati-hati, kemudian batas memandikan kucing pukul 16.00 sore hari.
Jangan sampai kucing menjadi sakit karena dimandikan.
Usia Kitten yang bisa rutin dimandikan 2 s/d 3 bulan.
itupun harus hati-hati.

PERLENGKAPAN ALAT-ALAT MANDI :
1. Gunting kuku khusus kucing / gunting kuku manusia
2. Baby Oil dan Obat Tetes Telinga
3. Cotton Bud
4. Kapas
5. Air Hangat secukupnya pada Ember
6. Blower / Pengering Rambut
7. Sikat gigi
8. Sikat / Sisir Brush / Sponge Mandi
9. Shampoo
10. Bak Mandi berisi air hangat
11. Handuk

Tambahan peralatan untuk kucing long hair :
1. Gunting Bulu (ujungnya kotak) untuk mengunting bulu bagian kaki, pantat atau bulu gimbal yang berlebihan.
2. Sisir Besi bergigi jarang untuk membuang gimbal.
3. Sisir Kotak untuk merapikan / menyisir bulu
4. Shampoo Kering berbentuk seperti bedak dapat dipakai pada saat bulu kering, pemakaiannya diaplikasikan pada bulu

CARA MEMANDIKAN :

1. Potong kuku kucing (hati-hati dalam memotong kuku, jangan melewat batas berwarna pink pada kuku, karena hal tersebut merupakan bagian daging, kemudian pada kaki depan kucing memiliki 5 kuku, dan kaki belakang 4 kuku.

2. Bersihkan telinga kucing dengan menggunakan cotton bud yang diberi baby oil, sampai bersih, setelah itu boleh tetesi dengan obat telinga agar kotoran yang ada pada telinga keluar semua, pada dasarnya telinga kucing bersih, kotor jika ada masalah dengan earmites, untuk membersihkan earmites harus rutin memakai obat tetes telinga selama 4 hari agar earmites tidak kambuh lagi. kemudian telinga yang sudah dibersihkan, disumpal dengan kapas fungsinya agar air tidak masuk ke telinga pada saat kucing dimandikan

3. Untuk Kucing Long Hair sisir dan bersihkan bulu Gimbal dengan sisir besi bergigi jarang, dan rapikan bulu dengan motong bulu yang tidak rata, terutama pada kaki dan bagian pantat kucing agar selalu bersih tidak terkena kotoran pada saat dia pup/pipis.

3. Siapkan Air Hangat pada ember, jangan terlalu panas cukup deteksi dengan punggung tangan kita, sediakan gayung

4. Ambil shampoo tuang secukupnya di wadah mangkuk, campur dengan sedikit air fungsinya agar shamphoo tidak terlalu kental, gunakan shamphoo yang tepat
jika :
kucing berkutu gunakan shampoo khusus untuk kutu
kucing berjamur gunakan shampoo khusus jamur
Untuk pencegahan kucing berjamur gunakan shampoo berlabel Medicated Shampoo

5. Belai-belai kucing, tenangkan dia, karena biasanya kucing yang tidak terbiasa dimandikan akan marah, pelan-pelan basahi badan kucing mulai dari badannya
tuang air hangat dengan gayung sampai merata.

6. Ambil shampoo dengan sponge ratakan pada seluruh tubuh kucing termasuk kepala kucing, ratakan shampoo lakukan dengan hati-hati jangan sampai masuk mata / telinga, dengan sponge, pijat-pijat dan usap-usap tubuh kucing sembari membersihkan, bujuk dengan kata-kata lembut, agar kucing tidak stress.

7. Sikat bagian kuku dan tubuh kucing dengan sikat gigi yang sudah tidak dipakai, untuk badan kucing jika sikat gigi dianggap terlalu kecil, bisa gunakan sisir brush/sikat mandi.

8. Bilas shampoo sampai bersih dengan air hangat, jangan sampai ada shampoo yang tertinggal

9. Keringkan dengan handuk dan Blower / pengering rambut, beberapa kucing takut dengan bunyi keras yang dikeluarkan oleh blower atau hair dyer, lakukan dengan hati-hati jangan sampai melukai kita dan kucing yang dimandikan.

10. Untuk Kucing Long Hair, selama di blower / hair dryer, sisir kucing dengan sisir kotak, sesekali dengan sisir besi bergigi jarang untuk menghilangkan gimbal.

11. Jika sudah kering keluarkan kapas yang disumpal tadi dari telinga kucing, dan jika mau boleh diberikan tambahan shampoo kering / bedak biar wangi, tapi harus benar-benar rata dan tidak boleh terjilat kucing.

Cukup sekian - Selamat Memandikan Kucing yah :D
Jakarta, 26 Januari 2011
Q - Peduli Kucing
Peduli Kucing © 2011

2 komentar:

  1. Tips-nya Makasii... Very Help me :)

    BalasHapus
  2. Terima kasih sangat bermanfaat bagi saya yg baru memelihara kucing 😃

    BalasHapus